Rabu, 16 Februari 2011

Negatif Satu + Positif Seribu = Negatif Sejuta

“Karena nila setitik, rusak susu sebelangah”. Dan “Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya”. Bisa jadi judul di atas sama dengan pepatah tadi. Tapi, kalau kita tanya kepada anak SD yang baru belajar berhitung atau dihubungkan dengan ilmu Matematika pasti judul itu salah karena hasilnya adalah positif 999. Betul khan ?

Penulis secara berkelakar mengajukan pertanyaan kepada teman tentang manusia pada umumnya yang mempunyai kelebihan (positif) dan mempunyai kelemahan (negatif) atau isitilah kerennya “Manusia tidak ada yang sempurna” Kira-kira begini pertanyaannya :


Kelebihan (positif) 15 - kelemahan (negatif) 2 = Positif 13

Untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dari 13, anda boleh memilih menambahkan kelebihan atau mengurangi kelemahan dengan pilihan jawaban :

1. Kelebihan (positif) - kelemahan (negatif)/ 15 -1 = 14

2. Kelebihan (positif) - kelemahan (negatif)/ 16 - 2 = 14

Kebanyakan dari temanku memilih jawaban No. 1 karena mungkin dia sangat alergi melihat kelemahan. Pilihan jawaban No 1 tidak tertutup kemungkinannya dalam praktek kehidupan sehari-hari baik dalam menilai seseorang maupun dalam menilai suatu kebijakan. Maksudnya hanya terpaku pada suatu kelemahan tanpa mempertimbangkan kelebihannya atau sering kita dengar tidak mempertimbangkan “Manfaat dan Mudarot”. Hasilnya, ya Negatif.


Melihat fenomina jawaban No. 1, karena lebih mudah menambah kelebihan dibandingkan mengurangi kelemahan, saat ini dalam Manajemen Personalia untuk meningkatkan karier seseorang sudah mulai dikenal jawaban No. 2 atau memberikan pendidikan/pekerjaan yang berhubungan dengan kelebihan seseorang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.


Membaca sebuah buku kecil berwarna coklat “ the Secret RAHASIA by Rhonda Byrne, kita akan menemukan jawaban bahwa “Berpikir Positif” akan mencapai kesehatan, kesejahteraan dan kebahagian.

Untuk anda penggila Piala Dunia, masih segar dalam ingatan kita, blunder penjaga gawang Inggris Robert Green. Bola tendangan lemah Clint Dempsey terlepas dari tangkapannya sehingga skor berubah menjadi 1-1 sampai pluit akhir berbunyi.

Kok kiper seperti ini dipakai ?. Kesalahannya sangat mendasar ! Saya meragukan kemampuan Green, ujar Iker Casillas kipper Spanyol, dan berbagai macam komentar yang muncul atas kecerobohan Robert Green ini.


Apakah Green menerima hukuman?


Rob, saya selalu ada di belakang anda, kata Steven Gerrrald sang Kapten. Anda beberapa kali menyelamatkan gawang dari kebobolan. Setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Kesalahan yang anda buat tidak disengaja.

Lain lagi komentar Capello sang pelatih. Itu adalah tanggung jawab saya (Pantesan Green tetap dimainkan). Saya yang memilih Green untuk berdiri di bawah mistar.

Capello : Engkau adalah pemimpin sejati yang tidak melempar tanggung jawab.

Gerrald : Engkau benar-benar sahabat yang membangkitkan semangat teman yang sedang terpuruk.

Selalu Ada Maaf/ Positive Thinking. Luar Biasaaaaaaaaaa….'

Jatiwaringin, 07 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar