Rabu, 16 Februari 2011

Kekeliruan Mendasar Pemain Golf

Matamu harus tetap melihat bola. Jangan lihat hasilnya. Ada 7 (tujuh) orang yang melihat bolamu ( 3 orang pemain + 4 orang caddy). Itulah salah satu nasehat teman yang baru kukenal saat berlatih di Driving Range.

Ideku menulis topik Golf ini terinpirasi oleh sebuah buku terbitan PT. Gramedia yang berjudul “SENSASI GOLF” Investing in Golf by Eko P. Pratomo mantan pemain junior nasional dan saat ini menjabat Presiden Direktur salah satu perusahaan Manajer Investasi terbesar di Indonesia. Isi dari buku ini menyatakan bahwa Golf adalah suatu Investasi, melawan pendapat umum yang menyatakan bahwa Golf adalah pemborosan karena biayanya mahal dan sebagian lainnya menganggap bahwa Golf bukanlah olah raga. Eko menyatakan bahwa apa yang didapatnya saat ini tak terlepas dari Golf yang digelutimya.

Disamping hal tersebut di atas, karena olahragawan berpenghasilan tertinggi adalah Pegolf Nomor satu dunia yaitu Tiger Wood dengan penghasilan pada daftar tahun 2010 sebesar Rp 818 miliar, mengalahkan atlet cabang olah raga apapun (Kompas : Jumat, 23 Juli 2010)

Hal lainnya yang membuat aku terketuk karena prestasi pemain Golf Indonesia sangat parah, tidak satupun yang bisa bermain ditingkat Asean Golf Tour, jauh ketinggalan dari pemain Thailand yang bisa berlaga di US Open, ajang yang sangat bergengsi.

Kekeliruan mendasar yang kumaksud adalah seperti pengalamanku di Driving Range, dimana sebagian besar berlatih memukul memakai Driver (Woods), sedangkan Woods ini hanya dipakai 22% atau 14 kali (10 Hole Par 4 dan 4 Hole Par 5) dari keseluruhan permainan (18 hole, 72 pukulan), sedangkan putting dipakai 36 kali (2 kali per hole)

Kekeliruan mendasar lainnya (masih menurut buku di atas) kebanyakan orang berlatih Golf dimulai dengan ayunan penuh (full swing) baru kemudian ayunan sederhana (putting, pitching & chipping). Ternyata yang benar adalah kebalikannya, ayunan sederhana dulu, baru ayunan penuh.

Kalau kita menonton pemain-pemain Golf tingkat dunia, pertarungan terjadi di Green dengan memakai Putter, tidak ada putting selewer

Untuk pemain dengan jumlah pukulan 80 s/d 100 dari pemainan 18 hole, stick yang dipakai adalah :

- Putting 40%

- Short game (pitching & chipping) 19%

- Pukulan dengan Driver (Woods 22%

- Pukulan dengan besi (iron) 14%

- Pukulan dari situasi sulit (trouble shots) 5%

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar