Minggu, 13 Juni 2010

Demam Piala Dunia (Sportivitas)



Goolllll. Sorak sorai penonton pada pertandingan pembuka Piala Dunia antara Afsel vs Mexico melihat hasil tendangan C Vela menyambut tandukan temannya yg berasal dari tendangan pojok.
Namun seketika peluit wasit berbunyi menganulir gol tersebut karena wasit melihat penjaga garis mengangkat bendera karena C Vela off side.

Off side bagaimana ? Padahal di bawah mistar gawang berdiri pemain Afsel (Steven Pienaar).
Itu adalah gol yang syah. Wasit memihak tuan rumah. Wasit di sogok. Demikian komentator Tipi mengomentari gol tersebut.

Tak ketinggalan presiden kita SBY terheran-heran atas keputusan wasit menganulir gol tersebut pada saat beliau nonton bareng di Bali. Tolong carikan saya ahli yang bisa menjelaskan mengapa gol tersebut dianulir, begitu comment/canda SBY sambil tersenyum he he he.
Mengapa penjaga garis menganggap Carlos Vela Off side ? Entahla..Menurut penulis yang menonton di TV kejadiaan itu, mungkin hakim garis tidak melihat pemain Afsel yg berdiri di bawah mistar gawang karena pandangannya terhalang oleh tiang gawang.

Apa reaksi pemain Mexico ? Carlos Vela tersenyum kecewa dan tidak ada usaha pemain Mexico membantah keputusan wasit. Pemain berjalan seolah-olah tak terjadi sesuatu yang aneh. Kalau kejadian ini terjadi di Indonesia, saya nggak bisa bayangkan. Bisa-bisa wasit sudah babak belur dihajar pemain, penonton masuk ke lapangan dll.

Kekeliruan wasit dalam sepak bola sering terjadi seperti : Gol tangan Tuhan (Maradona) Piala Dunia 1986. Therry Hendry memegang bola dan memberikan umpan untuk terciptanya Gol, sehingga dengan gol tersebut Prancis lolos ke Afsel.

Tentang kekeliruan wasit ini, Ancelotti pelatih Chelsea pernah berujar, Sepakbola tidak memfaatkan tehnologi seperti yg dipakai pada pertandingan tennis.
Apa komentar petinggi FIFA tentang kritik Ancelotti ?. Wasit adalah seorang manusia yang tak luput dari kekhilafan. Kemenangan dalam sepakbola tidak semata ditentukan oleh kelihaian pemain, bisa juga karena keberuntungan atau karena kekhilafan wasit.
Pelajaran apa yang bisa kita petik dari kejadian di atas ?

Hanya satu kata SPORTIVITAS .

Komentar anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar