Jumat, 02 April 2010

BERSIH-BERSIH

Hallo !, Selamat pagi Mbak. Saya Ibu Dian (mantan pacarku), Boleh bicara dengan Ibu ? Baik Ibu, saya panggilkan. Ibu Nike diseberang sana langsung merepet (marah-marah). Ngape ! Pagi-pagi da nelponku, Kau nich ganggu aku jak. Kau ke rumah akulah !. Lakiku baru balik dari daerah, die bawah makanan yang waktu itu kita omongin. Begitulah dialog di pagi itu yang ku dengar melalui Speaker phone. Tak lama kemudian Nike muncul dirumahku diantar oleh sopirnya dengan dandanan seadanya, dan langsung menyantap makanan yang tadi ditawarkan. Setelah makan dan sebelumnya bicara ngalor ngidul, Nike mencuci semua peralatan yang dipakainya (piring, sendok, gelas dll). Melihat itu, istri dan anakku langsung melarang. Hai Nike ! Ngape kau nich, biarkan jak (logat melayu), kata istriku dan ditimpali anakku. tante-tante biarkan aja, namun Nike tetap mencucinya dan menjelaskan bahwa itu adalah kebiasaannya waktu hidup di LN. Kalau di LN kite ndak nyuci habis makan dirumah teman, besok-besok kite tak disuguhkannya lagi, begitu katanya.
Kejadian ini ku ceritekan ke teman ex Legacy yang juga teman SMA Nike (sebut saja Bakri, nama samaran) waktu Balek Kampong dan dia langsung berkomentar. Kalau aku ! No wayyyy, katanya serentak (suami istri). Kan ada pembantu yang kite gaji, bise-bise pembantu ngelunjak kalau kita ngerjain hal-hal kayak gitu. Enak ajaaa omelnya. Nahhh ini namanya mental melayu, makanya pembatumu hanya tahan sebulan (aku tau karena dulu dia pernah curhat masalah itu) dan dia langsung diam seperti kena jab yang mematikan ha ha ha….. Melihat di tertunduk aku langsung celoteh bahwa TKI di LN dapat libur setiap minggu, padahal majikannya belum tentu Pancasilais,. Orang Bule kalau makan di MC Donald langsung membersihkan sendiri walaupun pelayan berkliaran, Tiger Woods si Pemain Golf terkaya di Dunia merapikan rumput yang terkelupas hasil pukulannya sementara Caddynya yang bergaji lebih dari Dirut ada di belakangnya. Luar biasa yaaa
Negara kita ? Dikantorku ada program Jumsih (Jumat bersih) , berarti bersih sehari kotor enam hari ha ha ha, logika anak kecil. Terus waktu lembur, ku lihat OB keliling dari meja-ke meja mungutan gelas minuman dll. Kasian yaa !.
Ku pikir-pikir, kau ni ade gak benarnya, makanya pembantuku kayak ingus, keluar masuk, dikantorku OB juga gitu kata si Bakri dengan intonasi yang lembut.
Terus…macem mane ya bagusnye ? Balik si Bakri nanya ku.
Begini Boy, mulai sekarang kite rubahlah sifat-sifat yang tak baek itu, umpamenye : Pulang kantor gelas dan piring bekas, kite bawa ke Pantry, habis makan bungkusnya langsung kite masukan ke tong sampah. Bukan kerjaan yang berat khan !!! Kau ni ade-ade jak (ada-ada saja) kata si Bakri sambil tersenyum-senyum. Puasssss- puassssss he he he..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar